Analisa Proyek PLTS Atap di PIK

Tampak Sistem PLTS yang terpasang di PIK

PT DTEC Solutions telah melakukan beberapa pemasangan PLTS Atap di PIK dan kali ini kita akan menganalisa hasil benefit dari pemasangan system solar power di salah satu rumah di Pantai Indah Kapuk. PLTS Atap adalah pembangkit listrik tenaga surya yang memanfaatkan atap rumah untuk menghasilkan tenaga listrik.

Latar Belakang

Pada awalnya, rumah ini menggunakan listrik dengan penggunaan rata-rata Rp. 1.8 juta per bulan. Setelah melakukan survey teknis dan analisa penggunaan listrik sebulan, maka design PLTS on-grid dengan kapasitas 6,000 WP telah diputuskan. Pemasangan PLTS 6 kWP ini mengambil waktu 3 minggu dari pemasangan panel surya, inverter sampai dengan selesai pergantian meter kWH EXIM dari PLN.

Sebanyak 12 unit panel mono crystalline 500 WP dipasang di atap rumah dan disambungkan ke sebuah inverter 6000W. Dari inverter ini energi disalurkan ke MCB load rumah dan ke meter KWH Exim. Setelah pemasangan, tim DTEC Solution melakukan pemantauan dan analisa kinergi system PLTS ini.

Saya sangat terkesan, tagihan PLN bulan sekarang hanya 700an rb setiap bulan, padahal sebelumnya 1.8 juta per bulan”

Pemilik rumah

Penghematan Tagihan PLN

Pemilik rumah sangat terkesan dengan penghematan tagihan bulanan PLN, yang turun dari Rp 1.8 juta per bulan ke 720rb – 770rb per bulan. Ini setara dengan savings 56% – 60%. Selama 6 bulan beroperasi, system ini sudah memberikan penghematan bill PLN sebanyak Rp. 6.3 juta!

Ekspor energi ke PLN sudah dicatat sebanyak 2550 kWH. Ini hal yang luar biasa karena system PLTS ini bukan hanya menghasilkan energi listrik untuk pengunaan sendiri, tapi juga bisa mengekspor energi berlebihan ke PLN. Untuk penjelasan lanjut tentang cara kerja sistem PLTS, silakan baca di sini.

Tagihan di PLN mobile view

Kontribusi Terhadap Lingkungan

Apa kontribusi system ini terhadap lingkungan? Selama 6 bulan, total produksi energi melebihi 4200 kWH. Artinya system ini sudah mengurangkan emisi gas CO2 (karbon dioksida) sebanyak 3000 kg. Ini juga setara dengan menanam 49 pohon atau mengisi daya 362,100 ponsel!

Kita semua bisa memberikan kontribusi terhadap lingkungan, sambil menghemat bill PLN bulanan. Ayo, jadilah pertama di perumahan anda untuk memasang system PLTS atap! Hubungi kami di +62-8165455002 atau E-mail ke sales@dtecs.co.id