Pasang Panel Surya untuk Rumah: Benarkah Lebih Hemat?

Panel surya untuk rumah tidak hanya mengurangi jejak karbon saja tetapi juga membantu Anda menghemat biaya. Dengan adanya ekspor daya ke PLN dan potongan harga untuk pembayaran listrik berikutnya – Anda sebenarnya menghemat lebih banyak daripada menggunakan listrik konvensional.

Seberapa banyak Anda dapat menghemat biaya bergantung dari beberapa faktor, mulai dari pemakaian listrik sehari-hari hingga kapasitas panel surya yang Anda gunakan.

*Estimasi sesuai performa garansi panel surya

Tabel di atas dapat menunjukkan kepada Anda, berapa banyak Rupiah yang bisa Anda hemat jika menggunakan panel surya dengan kapasitas tertentu. Untuk kapasitas tenaga surya 1000 W, Anda dapat menghemat biaya hingga 3 juta Rupiah per tahun. Kenapa tarif listrik PLN lebih mahal? Tentunya ada beberapa faktor seperti biaya bahan bakar untuk memproduksi listrik dan mendistribusikannya, serta biaya administrasi yang perlu dibayarkan.

Hemat biaya dengan panel surya untuk rumah

Dengan memasang panel surya, Anda memperoleh perhitungan yang lebih akurat untuk mengetahui biaya instalasi dan seberapa besar daya yang diproduksi oleh solar panel yang terpasang. Dengan begini, Anda dapat lebih mudah untuk menghitung seberapa besar biaya yang bisa Anda hemat.

Di DTEC Solutions, kami memahami kebutuhan akan lingkungan yang aman dari polutan serta membantu Anda memperoleh informasi sebanyak-banyaknya sebelum memutuskan untuk memasang panel surya di rumah.

Estimasi kebutuhan dan penghematan panel surya tidak dapat dihitung secara kasar saja karena:

  • Adanya kebutuhan akurasi untuk jangka waktu lama sesuai dengan kWh di lokasi Anda
  • Adanya kebutuhan untuk menghitung nilai produksi daya untuk 10, 20 hingga 25 tahun ke depan.

Sejalan dengan keinginan pemerintah untuk mengurangi jejak karbon, green energy akan semakin digemari baik oleh penghuni rumah maupun kebutuhan gedung komersial. Apalagi tarifnya semakin murah dibandingkan dengan tarif PLN.

DTEC Solutions percaya bahwa panel surya kami dapat memberikan berbagai manfaat untuk Anda. Masih ragu? Diskusikan kebutuhan panel surya untuk rumah Anda bersama kami. Kami menyediakan konsultasi dan estimasi penghematan biaya secara gratis.

DTEC Solutions dapat melakukan estimasi biaya yang bisa Anda hemat

Salah satu cara untuk menghitung seberapa banyak yang bisa Anda hemat, Anda dapat menggunakan solar calculator yang ada di internet. Tetapi kalkulator ini tidak dapat secara spesifik menghitung kebutuhan Anda mengingat rate yang ditampilkan adalah rate harga internasional dan kalkulator ini tidak dapat menghitung berapa besar konsumsi listrik Anda secara spesifik.

Jika Anda ingin mengetahui secara detail perhitungan pengeluaran yang bisa Anda hemat, Anda dapat berkonsultasi dengan DTEC Solution dan kami akan  menghitung estimasinya sesuai penggunaan listrik di rumah Anda.