PTLS Off Grid atau Hybrid: Kapan Digunakan?

PLTS atau Pembangkit Tenaga Surya merupakan salah satu cara yang banyak dipilih untuk mendapatkan sumber listrik. Pembangkit listrik dengan menggunakan panel surya ini tidak hanya lebih hemat tapi juga ramah lingkungan. Ada 2 jenis instalasi yang bisa dipilih saat memasang listrik dengan panel surya yakni instalasi on grid dan off grid.

Pada artikel ini, kita akan secara khusus membahas tentang PLTS off grid. Apa sebenarnya PLTS off grid itu dan kapan sistem instalasi ini sebaiknya digunakan? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini!

Mengenal Instalasi PLTS Off Grid

Menurut definisinya, sistem pemasangan PLTS off grid adalah sebuah metode yang tidak terhubung dengan grid PLN dan memungkinkan listrik dari panel surya disimpan ke dalam bentuk baterai. Nantinya, daya yang sudah tersimpan di dalam baterai bisa Anda gunakan sebagai sumber listrik saat malam hari apabila ada tenaga surya.

Sistem inilah yang membuat instalasi sistem off grid berbeda dengan on grid. Jika Anda menggunakan sistem on grid, listrik bisa ditransfer atau dijual ke PLN untuk mengurangi biaya tagihan listrik bulanan Anda.

Kelebihan dan Kekurangan PLTS Off Grid

Baik pemasangan PLTS dengan sistem on grid maupun off grid sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Adapun keunggulan penggunaan sistem off grid antara lain adalah:

  • Bisa menjadi sumber pasokan listrik untuk daerah terpencil yang sulit diakses oleh layanan PLN
  • Jika terjadi pemadaman PLN, Anda tidak perlu khawatir karena pasokan listrik tetap ada dan bisa diambil dari baterai yang sudah menyimpan daya.

Namun, PLTS off grid ternyata juga menyimpan sejumlah kelemahan yang membuatnya tidak direkomendasikan untuk kebutuhan rumah tangga. Beberapa kekurangan tersebut yakni:

  • Peralatan Sistem Inverter dibutuhkan untuk instalasi lebih kompleks dan rumit. Otomatis ini juga membuat biayanya jadi mahal
  • Karena keterbatasan kapasitas baterai, kebutuhan listrik Anda mungkin tidak akan dapat terpenuhi
  • Sistem off grid umumnya menggunakan baterai dengan arus tinggi sehingga proses pemasangan maupun perawatannya membutuhkan perawatan ekstra. Anda harus menyiapkan cukup uang untuk melakukan penggantian secara berkala maupun untuk maintenance.

Kerumitan serta jumlah komponen yang lebih banyak dibanding sistem on grid membuat biaya pemasangan PLTS off grid bisa 2 sampai 3 kali lebih mahal dengan nilai watt yang sama.

Kapan Sistem Off Grid Bisa Digunakan?

Lalu, kapan sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk melakukan instalasi PLTS on grid?

  • Jika wilayah Anda belum termasuk ke dalam kawasan yang dijangkau oleh layanana PLN
  • Jika wilayah Anda belum ada sambungan listrik dari PLN tapi dalam waktu 5 sampai 10 tahun yang akan datang mungkin akan masuk PLN
  • Jika di wilayah Anda sudah ada PLN, tapi layanannya tidak selalu ada (tidak menyala 24 jam penuh) sehingga butuh daya listrik cadangan
  • Jika selama ini Anda menggunakan energi dari pembangkit daya seperti genset tapi masih membutuhkan tambahan dari energi matahari
  • Jika lokasi Anda sangat terpencil atau berada di pulau, laut lepas maupun pedalaman yang tidak memungkinkan untuk punya sumber daya listrik mandiri.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang PLTS off grid atau hybrid. Ingin melakukan pemasangan panel surya untuk hunian, kantor atau bangunan lainnya? DTEC Solutions siap membantu Anda. Kami menyediakan berbagai paket layanan PLTS terbaik dengan beragam jumlah panel surya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.