Bisakah Panel Surya Menghidupkan AC?

Banyak yang masih ragu akan kekuatan daya panel surya. Penggunaan PLTS atap semakin lama semakin popular di berbagai belahan dunia padahal sebelumnya tidak ada yang memperhitungkan PLTS atap untuk alternatif listrik konvensional. Meski semakin popular, masih ada banyak yang meragukan kemampuan panel surya untuk menyediakan energi listrik bagi penghuni rumah. Apalagi banyak peralatan elektronik yang membutuhkan daya besar seperti AC.

Kali ini, DTEC Solutions akan membahas mengenai pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para konsumen kami. Seperti yang kita ketahui, hampir setiap hunian memiliki AC untuk mendinginkan ruang terutama saat musim panas tiba. Pemakaian AC seperti menjadi kebutuhan yang tidak dapat dihindari.

Namun dengan menghidupkan AC sepanjang hari tentunya akan memakan biaya listrik PLN yang besar. Dengan penggunaan panel surya yang tepat, Anda dapat menghemat biaya secara signifikan terutama ketika rumah Anda memiliki AC lebih dari 1. Selain itu, instalasinya pun terbilang cepat.

Pilihan panel surya untuk menghidupkan AC

Anda dapat menggunakan sistem PLTS atap on grid maupun off grid. Sistem off-grid dapat menghasilkan daya meski tidak ada listrik dari PLN. Sedangkan pada sistem on-grid, system PLTS akan menghasilkan energy listrik parallel dengan listrik PLN (sinkronisasi). Untuk pemasangan sistem on-grid, Anda harus memiliki izin dari Pihak PLN. Namun saat ini pemerintah memberikan berbagai kemudahan bagi Anda yang berencana memasang panel surya. Mulai dari proses pendaftaran hingga pengurangan biaya. Dan tim DTEC Solutions bisa mengurus perijinan ke PLN sehingga anda tidak perlu repot dalam hal perijinan.  

Berapa panel surya yang dibutuhkan untuk menghidupkan AC?

Setiap tipe AC memiliki kebutuhan daya yang berbeda-beda. Tipikal AC konvensional 1PK umumnya  membutuhkan daya 800W-1000W. Jadi untuk memenuhi kebutuhan ini, cukup memasang sistem 1500 WP atau 2000 WP. Untuk melihat berbagai penawaran menarik paket daya PLTS dari DTEC Solutions, klik disini.

Mengapa memilih PLTS Atap untuk menghidupkan AC?

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan PLTS atap untuk menghidupkan AC. Selain instalasinya sangat mudah dan cepat, modul AC dapat tersambung dengan panel monitoring daya sehingga Anda dapat mengontrol pemakaian dan mengetahui rata-rata pemakaian AC setiap bulannya. Hal ini tentunya akan sangat membantu dari segi efisiensi daya serta biaya.

PLTS Atap dapat digunakan untuk menghidupkan AC maupun perangkat elektronik lain di dalam rumah

Hubungi DTEC Solutions untuk jasa pemasangan panel surya untuk hunian Anda!

Perangkat elektronik di dalam rumah sangat mungkin ditenagai oleh PLTS atap. Termasuk peralatan yang besar seperti AC maupun kulkas. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan saat beralih ke PLTS atap dan kami dapat membantu Anda mempersiapkan pemasangan mulai dari pendaftaran ke PLN hingga perawatan panel surya saat sudah terpasang nanti.

DTEC Solutions dapat menghitung kebutuhan panel surya untuk seluruh perangkat elektronik yang Anda miliki dan memastikan pemasangan panel di lokasi yang tepat dan optimal.