Panel Surya untuk Rumah, Apa Kelebihannya?

Seiring dengan rencana pemerintah untuk mengurangi jejak karbon, Anda dapat ikut andil dengan melakukan hal-hal kecil yang turut membawa perubahan signifikan bagi Bumi. Salah satunya dengan menggunakan panel surya untuk rumah. Masih belum tahu apa itu PLTS atap? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Apa itu panel surya atau solar panel?

Solar panel merupakan pembangkit listrik yang mengubah tenaga surya menjadi tenaga listrik yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga sehari-hari seperti lampu, kompor, hingga pemanas air.

Teknologi solar panel bukanlah hal yang baru. Photovoltaic (PV) Solar Technology sudah ada sejak tahun 50-an dan semakin berkembang seiring waktu. Saat ini harganya pun semakin terjangkau karena banyak masyarakat yang makin menyadari pentingnya PLTS untuk menghemat listrik sekaligus menyelamatkan lingkungan.

Berada di wilayah garis khatulistiwa, pemukiman di Indonesia adalah tempat yang ideal untuk menggunakan peralatan tenaga surya karena sinar matahari yang melimpah sepanjang tahun.

 

panel surya untuk rumah 2

Kelebihan panel surya untuk rumah

Hemat listrik

Hemat listrik menjadi salah satu tantangan penghuni rumah yang tampak susah untuk dilakukan, apalagi jika ada banyak anggota keluarga yang tinggal di dalamnya. Tentu biaya listrik akan semakin besar untuk mengakomodasi kebutuhan setiap orang.

Kelebihan utama solar panel adalah kemampuannya untuk menghemat listrik Anda di rumah. Cara kerja panel yang menghasilkan energi sendiri dengan cahaya alami matahari memungkinkan Anda untuk menghemat biaya listrik hingga 9 juta per tahun.

Bisa menjual listrik ke PLN

Jika ada kelebihan tenaga listrik, maka energi listrik hasil produksi PLTS atap dapat diekspor ke PLN dan dapat dikreditkan untuk mengurangi jumlah tagihan listrik Anda di bulan berikutnya.

Tidak perlu mengganti atap

Atap miring di Indonesia sangat ideal untuk pemasangan panel surya sehingga pemilik rumah tidak perlu repot mengganti atap. Perlu diketahui, setiap pemasangan panel surya membutuhkan penghitungan khusus oleh pakarnya. Panel harus disesuaikan dengan kemiringan atap dan jumlah kebutuhan rumah tangga. Untuk itulah pemasangan PLTS atap harus dilakukan oleh layanan yang profesional sehingga solar panel dapat bekerja menyerap energi secara optimal.

Ramah lingkungan

Jika Anda adalah seorang yang peduli lingkungan, maka pemakaian panel surya ini sangat mendukung kepedulian Anda. Proses pengolahan dari energi cahaya menjadi energi listrik tidak menyebabkan polusi. Jadi, memasang panel surya artinya mendukung gerakan Go Green tanpa membatasi aktivitas Anda di rumah. Dengan menggunakan panel surya, maka Anda juga turut andil dalam mengurangi 8 juta ton CO2 di tahun 2030.

Awet hingga 20 tahun

Panel surya yang berkualitas merupakan bentuk investasi jangka panjang. Pada umumnya, panel surya memiliki garansi produk hingga 12 tahun lamanya dan mampu bertahan hingga 15 tahun bahkan lebih jika rutin dilakukan pemeliharaan. Bayangkan berapa biaya yang dapat Anda hemat dengan lama pemakaian tersebut?

Saatnya berganti ke panel surya untuk rumah! Produk ramah lingkungan dan hemat biaya

Untuk pemasangan panel surya yang sesuai dengan kebutuhan rumah Anda, hubungi PT DTECS dan dapatkan konsultasi gratis. DTECS menyediakan berbagai paket PLTS yang terjangkau serta layanan pemasangan oleh tim yang profesional. Kami juga menyediakan layanan pemeliharaan secara rutin agar kinerja panel surya Anda selalu optimal.

One thought on “Panel Surya untuk Rumah, Apa Kelebihannya?

Comments are closed.